banner 728x90

Komunikasi dan Internet : Apa itu Komunikasi Daring ?

Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut biasa disebut sebagai komunikasi di dunia maya atau cyberspace.

Komunikasi itu sendiri menurut Effendy adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain menggunakan lambang-lambang yang bermakna untuk kedua pihak, dalam situasi tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah tingkah laku atau sikap seseorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan

Beberapa kelebihan komunikasi dalam jaringan dibandingkan dengan komunikasi konvensional antara lain sebagai berikut:

  • Efisiensi biaya: tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi melakukan tatap muka, berbeda dengan komunikasi konvensional, sehingga komunikasi daring bisa menghemat biaya transportasi.
  • Efisiensi waktu: komunikasi bisa dilakuakn dengan cepat tanpa membuang-buang waktu dengan melakukan perjalanan.
  • Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sembari melakukan komunikasi dalam jaringan, kita bisa memanfaatkan layanan TIK lain untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang bisa digunakan seperti presentasi, dokumen, dan berbagai layar.
  • Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi dalam jaringan internet mendorong yang yang terbiasa diam di dunia nyata menjadi aktif berkomunikasi di dunia maya.
  • Meningkatkan partisipasi: karena terbukanya jalur komunikasi, maka semakin banyak pula orang yang bisa berpartisipasi dalam diskusi.

 

Selain keunggulan, komunikasi daring juga mempunyai kelemahan, antara lain sebagai berikut:

  • Membutuhkan perangkat khusus: dalam pelaksaannya, komunikasi membutuhkan adanya software dan hardware. Serta jaringan yang mensuport.
  • Tidak mewakili emosi pengguna: gerakan tubuh, raut muka, intonasi bicara, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami. Karena tidak mendapatkan ruang yang luas
  • Banyak informasi yang tidak penting: seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak dan membuat bingung si penerima.bahkan mualai beredar berita hoax.

Semoga bermanfaat fikomers tulis pertanyaan di kolam komentar atau kriik dan saran yaa 😀

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply